Tuesday, July 13, 2010

orang indonesia yang menjadi tentara Nazi

seperti yang kita tahu, kediktatoran Hitler pada masanya memang sangat berpengaruh kepada dunia, bahkan sampai ke Hindia Belanda (Indonesia).






Foto ini berasal dari Mark Bando, peneliti sejarah Amerika yang khusus meneliti unit-unit pasukan Parasut Amerika. Dalam salah satu penelitiannya tentang Divisi Airborne ke-101, dia bertemu dengan Wilson Boback, salah seorang veteran yang ikut bertempur di Belanda dalam Operasi Market Garden bulan September 1944.
Unit Boback berhadapan dengan bagian dari pasukan Landstorm Nederland (simpatisan Jerman di Belanda) dan Boback berhasil membunuh salah satunya. Dia kemudian menggeledah mayat si prajurit, dan menemukan sebuah foto yang jelas-jelas merupakan orang Indonesia (saat itu masih bernama Hindia-Belanda) yang sedang memakai seragam Legion Nederland (kerah wolf’s hook plus perisai dan cufftitle buatan Belanda), bersama dengan helm khas Jerman berkilauan lengkap dengan lambang LN.

Hal ini memperlihatkan bahwa setidaknya ada satu orang Indonesia yang pernah menjadi tentara Waffen-SS, dan kemungkinan besar dia tidaklah sendiri!




lalu, apakah Waffen SS itu??


Waffen-SS adalah unit bersenjata dari barisan pengawal Hitler yang ditakuti, SS atau Schutzstaffel. Pada mulanya, Para anggotanya terdiri atas para pemuda pilihan yang memiliki fisik kuat dan telah teruji kemurnian ras Arya mereka.
Unit ini terbentuk dari tiga bagian SS, yaitu :
  • Leibstandarte (pasukan pengawal pribadi Hitler);
  • SSVT (SS-Verfuegungstruppe, atau pasukan khusus SS);
  • dan SSVT (SS-Totenkopfverbaende, unit penjaga kamp konsentrasi SS).
Ketiganya, beserta sebuah unit kepolisian yang dimiliterisasikan, digabungkan di bawah bendera Waffen-SS pada bulan Desember 1940.
Selama Perang Dunia II, kekuatan Waffen-SS membengkak menjadi kira-kira 40 divisi. Akan tetapi tidak semuanya beranggotakan orang Jerman. Ketika jumlah korban semakin meningkat, Waffen-SS menerima para sukarelawan asing untuk bertempur di bawah panjinya. Dimulai dari orang-orang Eropa Barat yang dianggap berkerabat dengan orang Jerman (SkandinaviaBelgiaPerancis, dan Belanda serta Hindia-Belanda), barisan bersenjata SS ini kemudian dibanjiri oleh para sukarelawan UkrainaRusiaKosakBaltik, kaum Muslim BalkanSoviet sertaIndia).
Di medan perang, Waffen-SS, terutama divisi-divisi panzernya, sangat disegani oleh lawan maupun kawan. Akan tetapi kebanyakan unit lainnya, terutama yang berasal dari sukarelawan Balkan dan Uni Soviet kebanyakan tidak terpercaya.
Setelah perang, unit ini dihukum oleh Pengadilan Nuremberg sebagai sebuah organisasi kriminal. Hal ini bukan hanya dikarenakan keterkaitannya dengan kamp-kamp konsentrasi dan unit-unit pembunuh mobil SS namun juga karena tindakan kekejaman terhadap penduduk sipil maupun tawanan perang yang dilakukan sejumlah unit tempurnya.

namun ada satu hal yang mengganggu pikiran saya, yaitu kalimat mengenai "Para anggotanya terdiri atas para pemuda pilihan yang memiliki fisik kuat dan telah teruji kemurnian ras Arya mereka."


seperti yang kita tahu, kalau ras Arya adalah bangsa  / penduduk asli dari Atlantis.


lalu apakah kaitannya ras Arya dengan negara2 yang tergabung dengan Waffen SS?
apakah negara yang tergabung di Waffen SS ada kaitannya dengan Atlantis?

5 comments:

  1. Kutipan:
    "seperti yang kita tahu, kalau ras Arya adalah bangsa / penduduk asli dari Atlantis"


    Ras Arya itu bukannya ras asli bangsa jerman...??
    Kenapa bisa dikait2kan dengan Atlantis...??
    Setahu saya, bangsa Arya tidak pernah dikait2kan dengan Atlantis....
    Mohon koreksinya...

    ReplyDelete
  2. @ ady... hmmm bangsa Arya itu adalah ras asli dari penduduk Atlantis, begitu yang saya tahu...

    ReplyDelete
  3. @ inbox... ini hasil yang saya dapat dar wikipedia tentang ras arya

    'Selama akhir abad ke-19, ide mengenai legenda Atlantis digabungkan dengan cerita-cerita "benua hilang" lainnya, seperti Mu dan Lemuria. Helena Blavatsky, "Nenek Pergerakan Era Baru", menulis dalam The Secret Doctrine (Doktrin Rahasia), bahwa bangsa Atlantis adalah pahlawan budaya (kontras pada Plato yang mendeskripsikan mereka sebagai masalah militer), dan "Akar Ras" ke-4, yang diteruskan oleh "Ras Arya". Rudolf Steiner menulis evolusi budaya Mu atau Atlantis.'

    ReplyDelete
  4. gan boleh ijin copas gak

    ReplyDelete
  5. Widihhh...orang indonesia itu ternyata ras arya ya ? tapi kok ras arya indonesia beda jauh ama ras arya jerman ? apa tentara indonesia itu dia tentara cabutan ?

    ReplyDelete